Senin, 18 Mei 2015

Pengalaman Pertama Memasang Linux

Bissmilahirrahmannirrahim...

Alhamdullilah bisa nulis disini lagi.. hehehe

agan agan pada tau kan os yang satu ini ?? yap Linux os yang "dirasa" sulit bagi kebanyakan orang, apalagi jika agan agan berada dalam lingkungan windows makin "kelihatan" sulit aja deh si Linux ini... padahal sekarang ini distro distro linux yang User Friendly sudah banyak bertebaran.. nah seperti kata pepatah kan ?? tidak ada yang sulit sebelum dicoba...

Back To Judul...
anemah masih awam gan tentang dunia komputer.. beli laptop aja baru kemaren tanggal 13 Maret 2015, ane beli laptop HP type 14-G008AU yah cukup lumayan lah speknya utk laptop 5jt kurang... laptop ini bawaanya masih no Os alias kosongan, nah ama si orang tokonya laptop ini dikasih Os Windows 7 BAJAKAN.., 
setelah baca baca dan gugling gugling muncullah ketertarikan dengan Os Linux, dari artikel tentang distro linux yang cocok untuk pemula Ubuntu lah yang memikat perhatian ane, langsung download dah Iso ubuntu dari web resminya waktu itu ane pilih yang Ubuntu 14.04 LTS.. gugling lagi deh cari cari tutor dualboot ubuntu dan windows7, tanpa pikir panjang langsung ane praktek dari step bikin bootable fd sampe ke step step berikutnya berjalan lanjay alias lancar jaya kebingungan mulai muncul pada step pemilihan partisi di Something Else, di tutor tutor yang ane baca partisinya terbagi bagi menjadi banyak..nah di ane kok partisinya cuman satu ?? free space 500gb, padahal seingat ane waktu di windows ada 3 partisi yaitu Local C, D , dan E ...
kenapa disini masih nyatu pertanyaan itulah yang berulang ulang ada di pikiran ane.. akan tetapi karena keinginan yang besar untuk mencoba linux akhirnya ane nekat aja lanjutin ngikutin tutor meskipun ada perbedaan... saat instalasi selesai hati menjadi berdebar debar "sukses nggak ya??, berhasil apa gagal??" dan setalah di restart... jedarrr langsung masuk ke dekstop Ubuntu 14.04 waah senangnya minta ampun ane coba coba deh buka buka dan cek cek apa gitu..kejanggalan mulai muncul saat buka files kemana tiga partisi ane di windows tadi ?? lalu ane liat lagi tutor dualboot tadi nahloh ? kok beda dengan yang di tutor ? yang ditutor pas di restart ada menu pilihan mau pake Os apa , nah punya ane kok langsung ke Ubuntu?? perasaan cemas mulai muncul badan jadi panas dingin mikirin film film dan backupan backupan android yang lenyap tak berbekas...karena saking bingungnya ane cari tutor lagi buat balik ke windows setelah ketemu tutor dan selesei download iso, ane pinjem netbook temen buat bikin bootable fd... langsung deh ane tancepin fd dan mulai proses instal ulang, tetapi saat masih di step satu ada tulisan "no device driver installed" nah makin panas dingin ane..di tutor yang ane baca ga ada step gituan..semuanya langsung masuk step 2 nginstal windowsnya... dengan keadaan panas dingin dan puyeng ane inget kalo si mas mas tokonya kasih garansi instal ulang selama 2 bulan, ane pergi deh kesono buat ngeclaim garansi, setibanya disana ditanya ma emasnya 
M : "kenapa laptopnya dek? perasaan baru seminggu belinya.." 
A : "mau instal ulang mas.." 
M : "emang kenapa kok diinstal ulang"
A : "baru masang ubuntu ngga bisa balikin ke windows"
M : "oo.. gitu bentar ya"
................1 jam berlalu.............
M : "nih udah selese"
A : "Alhamdulillah udah bener, makasih ya mas... btw boleh minta iso windowsnya ? kemaren tak instal ulang sendiri tulisannya no device driver instaled gitu mas,"
M : "ngga boleh dek milik toko"
A : "ooh..ok makasih mas (dalam hati misuh misuh ane, download di gugel banyak minta gitu aja ga boleh, lhawong cuman bajakan, iya kalo asli mah gapapa)"

setibanya dirumah dengan fikiran yang lebih fresh ane mikir mikir lagi kenapa ane nginstal ulang windows lagi yah ?? padahal ane belum sempet ngutak ngatik menu dan lihat lihat ubuntu iebih dalam..
karena rasa penasaran dengan Os linux belum terpuaskan, anepun gugling dengan permasalahan permasalahan ane diatas, sempet baca kalo hdd bertype dynamic pembagian partisinya nggak akan terdetek di installan linux harus di convert ke basic dulu, lalu ane cek deh hdd ane bertype apa lhah hdd ane udah bertype basic tapi kenapa kok gak kedetek ?? bingung lagi bingung lagi.
sempet baca di KasKus ada yang mengalami masalah serupa seperti ane, hdd udah basic tapi partisi tetep gak kedetek dari komen komenya yang ane baca ada yang bilang kalo dalam satu hdd terdapat lebih dari 2 NTFS Partitions pembagian partisi nggak akan kedetek di instalan linux.. ane praktekin dah, ane hapus satu partisi ntfs ane dan ingin coba instal linux lagi saat itu elementaryOs freya yang ane pilih buat dibikin bootable lhoh tapi kok di something elsenya masih nyatu free space 500gb ?? serasa pupus harapan ane.... tapi saat itu entah kenapa kepikiran buat nyoba satu distro yang baru ane download yaitu Manjaro Xfce dengan pikiran pesimis ane burn manjaro ke fd dan coba untuk menginstallnya...perasaan kaget serta gembira muncul saat partisi partisi ane terdetek di instalan manjaro .. tapi ane gak langsung maen instal aja karena takut terulang kembali kehilangan file file di hdd... ane masuk windows lagi dan coba buat fd bootable Ubuntu tetapi di installannya partisi juga masih nyatu... nah apa yang salah ?? di manjaro kok kedetek , di ubuntu dan freya kok nyatu ?? dengan diselimuti kebingungan ane coba lagi masuk ke installan manjaro dan menguatakan tekat saya untuk menginstal manjaro step by step ane lewati semuanya berjalan lancar sepert di tutor dan moment dag dig dug saat instalasi selesai pun kembali lagi .... dag dig dug itu hilang seketika saat setelah restart masuk menu grub dengan pilihan manjaro atau windows7..waah senangnya bukan kepalang....

satu hari ane ngutak ngatik menu menu di manjaro ane mulai merasa bosan, maklum pemula pengen coba coba distro distro lain... karena katanya tampilan keren elementaryOs freya ane pun pilih distro itu untuk mengganti manjaro... masuk ke step something else partisi ane jadi kebaca semua.. padahal sebelum instal manjaro di something elsenya elementaryOs kan partisi masih nyatu..wah lampu ijo ini jadi bisa gonta ganti distro..
mulai terbiasa dengan linux elementaryOs, windows ane jarang (malah gapernah)  kepake..
seminggu pakai eOs freya, mulai ada rasa ngga betah... akhirnya saya ganti distro deh jadi Ubuntu 15.04 Vivid Vervet dan saya sekarang nulis pun menggunakan Ubuntu 15.04

inilah beberapa screenshot dekstop Ubuntu 15.04 ane






Nah itulah sepenggal kisah ane saat pertama memasang linux... beragam masalah dan kepuyengan itu menjadi kenangan tersendiri... tetapi itu semua terbayar lunas dengan pengalaman yang kita dapatkan.. so jangan mudah menyerah...  banyak jalan menuju roma
"Kegagalan Adalah Guru Terbaik"

yah kalo kata orang orang mah 
"Masang Linux Kalo Belom Pernah Ngeformat Hdd Ngga Keren"

mohon maaf bila ada tulisan yang kurang berkenan di hati agan

14 komentar

hahaha...
"Masang Linux Kalo Belom Pernah Ngeformat Hdd Ngga Keren"

statement diatas bener2 luar biasa
saya juga pertama nginstal ubuntu di kompi, juga tanpa sengaja memformat hd
padahal isinya kerjaan ortu semua

nice post (y)

hahha iya gan panik luar biasa saat itu :v makasih kunjungannya

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Padahal cara atasi free space itu tinggal buka terminal dicd live ubuntu, sudo fixparts /dev/sda kelar deh,kejadian kita sama nih

Sudah pernah mengalami "lag" saat memutar video dengan resolusi tinggi mas?

saya sudah instal additional driver untuk graphic card, tapi lag saat berpindah windows ataupun saat sedang memutar video dengan resolusi tinggi masih sangat terasa

Hahahaha mantap gan, setuju dg kata2 yg terakhir.. "Masang Linux Kalo Belom Pernah Ngeformat Hdd Ngga Keren"

heheheh, namanha jg belum ngerti apa apa,
tapi pengalaman yang berkesan juga hhhh :v

pakai ubuntu versi berapa gan ?
di saya pake ubuntu 16.04 lts sudah gak berasa lag

mantap mantap -_- ilang film film ane dulu gan :v hahahaha

permisi mas luthfi, boleh minta nomor whatsappnya? ato pin bbm, mau tanya" nih haahhaha

Gara2 baca aplikask dan os yg pakai crack haram. Jdi pengen pindah step by step ke yg opensource.
Masalahnya sama kayak di atas
Cara mas fikri gmn ya masih awan ni

Mas saya udah berhasil pakai Ubuntu 14 tpi wifi tidak konek asus x45u atheros 🙁 tolong solusinya

Mas saya udah berhasil pakai Ubuntu 14 tpi wifi tidak konek asus x45u atheros 🙁 tolong solusinya

mantap nih, buat ane ubuntu buat live usb aja. soalnya untuk recovery data-data di harddisk kalau windows gamau booting.

ane kebetulan pake windows 10, tapi gatau kok bisa jadi ori. wkwk jadi mending ane pake windows aja, ubuntu buat bantu ane jasa install ulang windows. wkwk :D